Postingan

PUISI "MAWAR"

Cinta itu identik dengan mawar
Memberi keindahan
Menyejukkan mata
Menenangkan hati

Namun, layaknya mawar
Di balik keindahannya
Tetap terselip banyak duri
Yang bisa membuat luka

Begitupun cinta
Tak boleh terlalu digenggam erat
Karena akan membuat terluka
Tapi tak boleh juga dibiarkan begitu saja...
Karena akan pergi dan hilang

Karena kita tau sendiri
Keindahan mawar...
Membuat semua orang ingin memilikinya
Ingin memetiknya
Ingin mengambil dan merawatnya

Cinta harus dirawat, dijaga...
Agar keindahannya mampu menyejukkan hati
Seperti keindahan mawar

PAST & FUTURE

Mau ngebahasa tentang "past & future" nih. Tapi sebelumnya pasti semua udah ngga asing lagi dengan kaca spion? Tau kan fungsinya untuk apa. Untuk membantu kita saat berkendara.
Nah, sekarang mau kasih sedikit perumpamaan nih tentang past and future melalui perumpamaan mengendarai mobil.

Kehidupan di dunia itu bagaikan kita sedang berkendara di mobil. Dan saat menyetir mobil pasti di butuhkan spion dan kaca mobil bagian depan.
Diibaratkan kaca bagian depan itu adalah "masa depan" kita. Sedangkan kaca spion itu ibarat "masa lalu" kita.

Pasti kedua kaca tersebut beda kan ukurannya? Tapi keduanya sama dibutuhkannya agar dalam mengemudi sebuah mobil kita bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat, sesuai dengan tujuan kita. Dan pada saat kita berkendara, tentu kita berhak menentukan sendiri ke arah mana kita akan tuju.

Sekarang kita bahas deh. Tadi sudah diibaratkan kalau kaca bagian depan itu bagaikan masa depan. Tau sendiri dong ya ukuran kaca bagian de…

CERMIN

Bagaikan pantulan diri kita ketika bercermin. Nah begitulah gambaran kehidupan ini sebenarnya. Simpel saja, apa yang kita perbuat/lakukan semua pasti akan berbalik/memantul ke diri kita kembali. Karena memang begitu hakikatnya.

Jadi, jika kita berbuat baik kepada orang lain, maka kebaikan itu kapan waktunya akan berbalik pada kita. Walaupun kita gak pernah tau datangnya kebaikan itu melalui apa dan siapa. Tapi pasti kebaikan itu akan kembali pada kita, bahkan bisa jadi digantikan dengan lebih banyak kebaikan.

Begitu juga jika kita melakukan suatu keburukan terhadap orang lain, yakinlan suati saat keburukan itu akan menimpa diri kita sendiri. Bahkan mungkin lebih buruk lagi. Maka berpikirlah sebelum melakukan suatu keburukan. Jika diri kita sendiri tidak ingin diperlakukan buruk oleh orang lain.

Begitupun dalam persoalan pasangan hidup. Layaknya cermin. Pasangan hidup kita bisa jadi adalah cerminan dari diri kita, cerminan dari perilaku dan sifat kita, cerminan dari keseharian kita. Wa…

SUKA, CINTA dan SAYANG

Tiga kata diatas kadang membuat orang bingung. Karena sebagian besar mendefinisikannya sama. Padahal jelas perbedannya. Hanya mungkin memiliki kemiripan.
1. SUKA
Apa yang ada dibenak Anda ketika mendengar kata itu?
"Suka" biasa lebih cenderung kepada perasaan kagum. Bisa kagum karena suatu kelebihan yang dimiliki orang lain. Atau biasa disebut "nge fans".
Nah "suka" sendiri memiliki sifat yang sementara.
Karena bisa saja perasaan ini hilang, ketika kita menemukan orang lain yang menurut kita mempunyai kelebihan atau sesuatu yang lebih menarik dari orang yang sebelumnya kita temui. Jadi, suka itu tak bertahan lama. Ngga abadi. Dan bukan merupakan perasaan yang mendalam.
Karena suka itu bisa timbul hanya dalam hitungan detik bahkan. Contoh kecilnya, misalkan kita menonton pertandingan bola dan melihat kiper yang begitu tangguh mempertahankan gawang. Maka, kita akan kagum dengan cara Dia bermain. Kita akan suka dengannya mulai saat itu.
Jadi, suka itu hanya …

KEHILANGAN

Tentang kamu, yang memilih untuk berlalu, meninggalkan sejuta kenang, meninggalkan segenggam hati yang dulu kau jaga dengan begitu baik. Memang, kau bebas menentukan dengan siapa kau akan bahagia, dengan siapa hatimu memilih.

Tapi apa kau yakin? Suatu saat kau tak akan merasa kehilangan? Kehilangan saat dimana tak ada lagi orang yang selalu cerewet tiap hari bercerita padamu. Orang yang sering spam chatmu kalau kau tak membalas pesannya. Orang yang selalu punya cara sendiri bikin kamu bahagia.

Mungkin iya, sekarang posisinya terganti oleh orang lain. Orang baru yang menurutmu lebih menarik. Jadi kau memilih pergi tanpa pamit meninggalkan orang yang tlah lama menemanimu. Mungkin saat ini kau belum merasakan kehilangan sosoknya. Karena saat ini kau masih menikmati masa-masa bahagia dengan orang baru itu.

Tapi yakinlah, rindu pasti akan datang. Rindu pada sosok yang dulu kau sia-siakan. Pasti ada saja tingkahnya yang membuat kau rindu. Hingga akhirnya, kau baru sadar artinya kehilangan. …

PERPISAHAN

Setiap ada pertemuan pasti kita harus menyiapkan diri pada suatu perpisahan. Karena pada hakikatnya tak ada pertemuan yang abadi. Perpisahan merupakan siklus yang memang dan pasti ada pada kehidupan manusia.

Perpisahan merupakan bagian dari adanya kehidupan.
Kita tak pernah tau kapan perpisahan itu akan terjadi. Kapan kita akan berpisah dengan orang-orang disekitar kita bahkan orang yang sangat berharga dalam hidup kita.

Perihal perpisahan, bisa saja hadirnya begitu tiba-tiba tanpa adanya sepatah kata yang mengiringi perpisahan itu. Oleh karena itu, kita harus siap berpisah. Kita harus siap dengan siapa dan kapan kita akan berpisah.

Perpisahan tak melulu tentang kesedihan, walau memang sebagian besar mengartikan perpisahan adalah sesuatu yang sedih. Tapi, bukanlah banyak alasan mengenai adanya perpisahan? Dan tak semua perpisahan buruk.

Sebenarnya ada 2 macam perpisahan. Yaitu perpisahan yang menyedihkan, namun ada juga perpisahan yang memang harus diterima demi kebaikan dan kebahagia…

ABSTRAK

Abstrak dalam istilah yaitu "ketidak jelasan".
Sedangkan abstrak dalam dunia seni dikenal sebagai lukisan yang hanya sebagian orang yang bisa paham betul makna yang ingin disampaikan pelukis melalui lukisannya.
Lukisan abstrak biasanya memiliki corak warna yang beragam.

Abstrak itu seperti kamu. Ya, yang sulit untuk dipahami, sulit untuk dimengerti dan hanya beberapa orang yang bisa paham betul dengan karaktermu.

Bahkan kamu mendekati kata misterius. Tapi justru kemisteriusan dan keabstrakan itu yang membuatku penasaran dan membuatmu berbeda dengan yang lain. Membuatmu menarik dan unik.

Bahkan terkadang, aku sekalipun tak mampu menerjemahkan dengan detail tentang karaktermu yang sebenarnya. Kamu sukses membuatku bingung bagaimana sebenarnya karaktermu. Sangkin abstraknya dirimu.

Tapi dari sisi keabstrakan itu, membuatku lama kelaman semakin penasaran dan mencoba untuk belajar mengertimu dari berbagai sudut pandangku. Dan akhirnya kutemukan dirimu yang sesungguhnya.

Ternyata …