SUKA, CINTA dan SAYANG


Tiga kata diatas kadang membuat orang bingung. Karena sebagian besar mendefinisikannya sama. Padahal jelas perbedannya. Hanya mungkin memiliki kemiripan.

1. SUKA

Apa yang ada dibenak Anda ketika mendengar kata itu?

"Suka" biasa lebih cenderung kepada perasaan kagum. Bisa kagum karena suatu kelebihan yang dimiliki orang lain. Atau biasa disebut "nge fans".
Nah "suka" sendiri memiliki sifat yang sementara.

Karena bisa saja perasaan ini hilang, ketika kita menemukan orang lain yang menurut kita mempunyai kelebihan atau sesuatu yang lebih menarik dari orang yang sebelumnya kita temui. Jadi, suka itu tak bertahan lama. Ngga abadi. Dan bukan merupakan perasaan yang mendalam.

Karena suka itu bisa timbul hanya dalam hitungan detik bahkan. Contoh kecilnya, misalkan kita menonton pertandingan bola dan melihat kiper yang begitu tangguh mempertahankan gawang. Maka, kita akan kagum dengan cara Dia bermain. Kita akan suka dengannya mulai saat itu.

Jadi, suka itu hanya terbentuk dari pandangan visual, tak mendalam mengaitkan emosional dan hati di dalamnya.

2. SAYANG

Menurut kalian, apa sih rasa "sayang" itu ?

Nah, setelah tadi kita mengerti definisi "suka". Kali ini kita mencoba memahami, apa sih rasa "sayang" itu. Tentunya sayang berbeda ya dengan cinta. "Sayang" itu sendiri bisa timbul awalnya pasti karena ada rasa "suka" atau kagum terhadap seseorang yang memiliki karakter yang unik menurut Anda.

Jadi, bisa dikatakan jika "sayang" itu merupakan tindak lanjut dari adanya rasa "suka". Jika tadi, rasa suka hanya melibatkan pandanga visual saja, maka "sayang" mulai mengaitkan dengan pandangan secara emosional "melibatkan hati, perasaan".

Tapi, kita juga harus hati-hati mengartikan rasa sayang yaa. Takutnya nanti malah sakit hati. Jadi gini, "sayang" itu bukan melulu tentang pacar ya. Contohnya gini, ada rasa sayang yang dimiliki antara kedua orang. Tapi, mereka memiliki rasa sayang itu hanya sebagai sahabat.

Ngga salah kan ya? Karena memang biasanya di dalam persahabatan memang mengaitkan perasaan emosional. Disini, yang kadang salah adalah ketika memiliki sahabat lawan jenis. Nah, kadang banyak kesalahpahaman disini. Padahal sahabat lawan jenis sah-sah saja bukan?.

Sayang dalam artian persahabatan lawan jenis yaitu bentuk rasa sayang untuk selalu ingin menjaga sahabatnya, tak ingin sahabatnya terluka. Selalu mendengarkan suka duka sahabatnya dan ikut merasakan yang sedang Ia rasakan. Itu bentuk rasa sayang seorang sahabat.

3. CINTA

Kalian mengartikan Cinta itu perasaan yang seperti apa sih?

Nah, tadi kita sudah membahas tenang "suka" dan "sayang". Sekarang kita sampai pada puncak dari keduanya yaitu rasa "cinta".

Jadi sebenarnya cinta itu adalah keseluruhan dari rasa suka dan sayang.
Karena jika kita mencintai seseorang, sudah pasti kita memiliki rasa suka/kagum terhadapnya. Sudah pasti juga kita sayang padanya. Tapi, belum tentu jika kita memiliki rasa suka terhadap seseorang, kita juga sayang dan cinta padanya. Begitupun jika kita sayang pada seseorang. Kita belum tentu mencintainya.

Karena cinta merupakan perasaan tertinggi manusia terhadap seseorang. Di dalam cinta, terdapat keseriusan. Keseriusan untuk menjalin hubungan yang mempunyai komitmen. Intinya, cinta itu suatu perasaan yang memang secara alamiah pasti akan dirasakan setiap orang, karena cinta memang merupakan anugerah dari Sang Pencipta.

Maka dari itu cinta itu suci. Cinta adalah perpaduan perasaan antara kedua manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan, tetapi mencoba saling melengkapi. Cinta adalah percampuran dua karakter yang berbeda, tetapi mencoba saling memahami.

Dan cinta merupakan gabungan antara kuatnya fisik seorang laki-laki dan lembutnya hati seorang perempuan. Yang dari situ mencoba saling menjaga dan menenangkan. Cinta merupakan komitmen yang harus dijaga oleh bukan hanya salah satu pihak, melainkan keduanya. Itulah cinta menurutku

Bagaimana? Sependapat atau memiliki pendapat lain mengenai perbedaan "suka, sayang dan cinta". Kalau iya, coba coret-coret di kolom komentar yaa. Supaya kita lebih paham dan tidak salah mengartikan ketiga perasaan diatas :).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISPA di Pertambangan

BELAJAR PRAKTIS EPIDEMIOLOGI DAN SURVEI KESLING

MAKALAH PENGELOLAAN AIR