INTROSPEKSI

Introspeksi atau istilah lainnya yaitu menilai diri sendiri itu sangat diperlukan di dalam menjalani kehidupan. Tiap hari kita harus introspeksi diri, dan waktu yang paling enak untuk melakukan introspeksi diri yaitu pada saat sebelum tidur, saat kita sudah selesai dari segala rutinitas di hari yang melelahkan. Saat kita santai mendengarkan sholawat, lagu ataupun murotal, disaat itu juga kita bisa sembari melakukan introspeksi terhadap diri kita sendiri.

Introspeksi diri perlu dilakukan setiap hari untuk mengevaluasi bagaimana sikap kita hari ini, apa yang telah kita perbuat untuk orang lain, apakah kita telah memberi manfaat atau justru merugikan orang di sekitar kita. Apakah kita membawa pengaruh positif ataukah justru negatif.

Nah, untuk semua yang membaca tulisan ini. Dan saat ini tersadar akan apa yang seharian ini dilakukan, yuk bareng-bareng introspeksi diri. Jangan sampai ada orang lain yang lebih dulu menegur kita karena merasa tak nyaman dengan tingkah laku kita. Jangan sampai ada yang menyindir atau membuat postingan tak enak tentang kita. Jangan sampai itu terjadi baru kita sadar telah melakukan kesalahan.

Walaupun, bisa saja apa yang mereka pikirkan tentang diri kita itu bukan merupakan sesuatu yang benar, bukan sebua kenyataan dan tentunya bukan fakta. Tapi, kita juga perlu sadar siapa tau memang kita melakukan kesalahan itu pada saat kita tak sadar dan terbawa emosi.

Dan untuk yang sering memberi komentar negatif terhadap kehidupan orang lain. Yang senang jika menceritakan seseorang dari sisi negatifnya saja tanpa memandang sisi positifnya. Tolong kalian dan kita harus sama-sama introspeksi diri, sudah sebaik apa tingkah laku kita sehingga kita bisa men-judge orang lain hanya karena 1 kesalahan yang Ia perbuat.

Jangan sampai kita memberi penilaian yang salah karena kita juga melihatnya dari sudut pandang yang salah juga. Terkadang seseorang bisa dengan seenaknya berpendapat tentang sikap seseorang, perubahan seseorang. Namun disamping itu, sebenaenya mereka sendiri tak tau maksud dan tujuan asli dari orang tersebut melakukan hal itu.

Bisa saja tujuannya positif, tetapi karena kita memandangnya dari sisi negatif, maka tetap saja akan menjadi buruk di mata kita. Bahkan sebaik apapun orang tersebut memperlakukannu, itu tak akan membuatmu simpati dan kembali membalasnya dengan kebaikan pula.

Komentar

  1. semangat selalu bilaku. Teruslah berkarya. Karena dengan Ilmu yang bermanfaat lah yang akan tetap ada setelah kita tiada.

    BalasHapus
  2. Makasih banyakk icaakuu semangatt jugaa yaa😊♥️💪

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISPA di Pertambangan

MAKALAH PENGELOLAAN AIR

BELAJAR PRAKTIS EPIDEMIOLOGI DAN SURVEI KESLING