JUANG TAK BERHARGA

Apa sih definisi juang?
Apa definisi berharga?

Ya, kita harus memahami terlebih dahulu makna keduanya agar kita jadi paham untuk ke bahasan selanjutnya. Baiklah kita bahas dulu makna dari juang. Definisi juang yaitu melakukan segala seuatu yang memerlukan pengorbanan baik itu hati, pikiran maupun tenaga. Sedangkan definisi berharga yaitu sesuatu yang berarti untuk kita, memiliki makna, sesuatu yang spesial itulah berharga.

Nah dari situ, mari kita bahas sama-sama apa sih sebenernanya maksud dari judul "juang tak berharga". Jadi gini, juang tak berharga disini bukan berarti perjuangan itu tidak berharga ya. Tapi lebih kepada definisi ketika seseorang telah melalukan perjuangan, telah berjuang namun perjuangan itu tak dihargai, tak di apresiasi, tak disambut baik orang yang sedang diperjuangkan.

Nyesek ya bacanya, jadi mau lanjut baca atau sampai disini saja? Tapi yakin masih kuat buat ngelanjutin baca? Oke deh, siapin mental ya jangan sampai habis ini malah tambah galau hmm. Oke, sebenarnya kita semua sama-sama paham kalau di dunia ini tak ada yang bisa di dapatkan secara cuma-cuma, secara instan, secara simsalabim, tak mungkin semua yang kita inginkan bisa tiba-tiba saka terwujud tanpa adanya usaha. Nah juang lah caranya.

Juang atau perjuangan memang diperlukan dalam mencapai segala keinginan kita, segala yang kita impikan, yang kita cita-citakan. Memang, tiap kali mengibaratkan sesuatu agar cepat terekam di otak tentunya paling mudah ya melalui perumpamaan perasaan, ya misalkan tentang suatu hubungan asmara.

Disitu makna juang tentunya saat kita berjuang untuk mendapatkan atau untuk dekat dengan orang yang kita sayang. Perjuangan yang kita lakukan untuk bisa mendapatkan simpati dari Dia, mendapatkan perhatian, mendapatkan tempat spesial di hatinya itu sudah pasti. Tapi kembali lagi ya, perjuangan itu tak mudah, tak singkat dan bahkan butuh waktu yang lama, butuh kesabaran, butuh konsisten dan hanya orang-orang benar-benar konsisten yang akan tetap berjuang sampai akhir untuk mencapai atau mendapatkan sesuatu yang Ia inginkan.

But, jika kamu tipe orang yang tak memiliki kesabaran lebih mending sudah deh, jangan sok berjuang, jangan sok bertahan hehe. Bukan apa-apa tapi karena yang ditakutkan jika kesabarannu teruji sedikit, kamu akan marah dan melontarkan kata "jadi kamu ngga menghargai perjuanganku?".

Disitulah seolah kamu berjuang memang tujuannya mendapat imbalan. Sedangkan kita sama-sama tau bahwa semua orang tak menyukai orang yang suka mengungkit-ungkit apa yang tlah Ia lakukan untuk kita. Dari sekarang harusnya memang kita sudah mengerti bagaimana kita semestinya memaknai juang yang sebenarnya.

Perjuangan juga tak bisa terus dilakukan, terutama jika memang hal atau sesuatu yang kau perjuangkan itu salah. Simpel saja misalkan kau mengetahui perempuan itu telah mempunyai pasangan, tetapi kamu tetap memaksa ingin dekat dengannya melebihi batas teman dan sampai berjuang untuk menbuat hubungan mereka retak.

Ketahuilah, perjuangan tak sejahat itu. Masih banyak orang yang pantas kau perjuangkan. Masih banyak orang yang menunggumu memperjuangkannya dan tentunya kau masih mempunyai banyak pilihan untuk menentukan siapa orang yang layak untuk kau perjuangkan. Karena perjuangan tidak main-main ya. Untuk apa memperjuangkan seseorang yang memang tak pernah memperdulikan kehadiranmu dalam kehidupannya? Hanya sia-sia bukan?.

 Walaupun kau sebut juang tanpa balas itu tak apa karena sebuah ketulusan mencintai. Tapi coba sadar, hatimu berharga untuk kau jaga agar tak tersakiti, dirimu berharga untuk meperjuangkan orang yang benar-benar menginginkanmu, menghargai kehadiranmu dalam hidupnya.

Coba renungi, jika dirimu saja tak menganggap hatimu berharga, maka siapa lagi yang akan menghargainya? Intinya juang boleh, tapi jangan sampai kau lupa bahwa dirimu berharga jika untuk hanya sekedar memperjuangkan orang yang sama sekai tak pantas kau perjuangkan. Hadapi kenyataan, jangan memaksa dirimu tetap berjuang untuk orang yang sama sekali tak menganggapmu berharga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISPA di Pertambangan

MAKALAH PENGELOLAAN AIR

BELAJAR PRAKTIS EPIDEMIOLOGI DAN SURVEI KESLING