NETRAL

Jika pada ilmu kimia ada istilah asam basa. Maka begitupun diibaratkan dengan penciptaan manusia. Allah menciptakan manusia laki-laki dan perempuan mempunyai karakter yang tentu berbeda. Semisal perempuan kita ibaratkan dengan "asam" dan laki-laki "basa". Kedua larutan tersebut diperlukan untuk mencapai "netral".

Asam dengan keunikan dan ciri khasnya, begitupun dengan basa. Mana yang lebih diperlukan? Mana yang lebih bermanfaat?. Tentu keduanya sama mempunyai manfaat, walau dalam konteks yang berbeda. "asam" dibutuhkan ketika pembuatan tape ketan dan "basa" ketika pembuatan sabun. Keduanya bermanfaat bukan?. Baik asam maupun basa, keduanya juga bisa menimbulkan kerugian, kerusakan jika digunakan tidak sesuai prosedur.

Jadi, asam basa sama-sama dibutuhkan, sama-sama penting. Bahkan keduanya tentu saling membutuhkan dalam konteks tertentu yang harus memperhatikan dan menyesuaikan kadar asam basa sehingga saling melengkapi agar bisa menjadi manfaat.

Begitupun Allah menciptakan laki-laki dan perempuan. Mereka adalah makhluk yang berbeda, mempunyai sifat dan karakter khas masing-masing. Namun, tak ada yang lebih unggul. Semua sama dimata Allah. Baik laki-laki ataupun perempuan, semua mempunyai peran untuk perkembangan kehidupan di dunia.

Perempuan dengan sisi lembutnya, disandingkan dengan laki-laki dengan sisi tegasnya.
Perempuan yang cenderung mengutamakan perasaannya, disandingkan dengan laki-laki yang cenderung mengutamakan logikanya.
Perempuan yang cenderung ribet, disandingkan dengan laki-laki yang cenderung simpel.
Perempuan yang penyanyang, disandingkan dengan laki-laki yang pengasih.
Perempuan sebagai tulang rusuk, laki-laki sebagai tulang punggung.
Perempuan dengan perhatiannya dan laki-laki dengan tanggung jawabnya.

Begitulah kira-kira. Masing-masing diciptakan untuk saling melengkapi. Baik laki-laki maupun perempuan mempunyai kekurangan dan kelebihan yang diciptakan agar saling menyempurnakan. Tidak ada laki-laki yang tak membutuhkan perempuan, begitupun sebaliknya. Karena hakikatnya kita saling membutuhkan.

Perempuan butuh dikuatkan, dilindungi dan dijaga. Seperti halnya laki-laki butuh diperhatikan, didengarkan dan dimengerti. Dan itu tak bisa dilakukan seorang diri. Semua punya batas kemampuan dan memang ada beberapa hal yang hanya bisa diperoleh dari laki-laki atau perempuan.

Intinya, laki-laki dan perempuan adalah dua makhluk yang diciptakan untuk saling memberi manfaat. Tak ada yang bisa berjalan sendirian. Karena pada dasarnya Allah telah menciptakan laki-laki dan perempuan berpasang-pasangan. Hanya saja soal dipertemukan adalah murni rahasia-Nya. Kita hanya bisa mengusahakan diri agar menjadi pribadi yang baik, sehingga di kemudian hari dipertemukan dengan pasangan hidup yang juga baik. InsyaAllah.

Komentar

  1. Kenapa harus sabun buat zat basa nya, ga ada yang lain hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena reflek yg ada di pikiran saat itu adalah sabun sebagai contoh zat basa wkwk

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISPA di Pertambangan

MAKALAH PENGELOLAAN AIR

BELAJAR PRAKTIS EPIDEMIOLOGI DAN SURVEI KESLING