SABAR

Mungkin kita sudah ngga asing lagi pasti dengan kata "sabar". Pasti kita juga sering banget ngucapin kata itu. Bahkan mungkin tiap hari secara sadar atau ngga, kita pasti mengucapkan sabar.
Jadi apakah kita udah bisa sabar?

Yuk kita bahas bareng seputar sabar.
Sabar, sulit memang untuk menjadi benar-benar sabar. Menjadi orang yang bisa menghadapi setiap permasalahan yang ada dengan kesabaran. Menjadi orang yang mampu sabar walau ingin rasanya marah.

Perkara sabar, memang adalah salah satu sikap yang dianjurkan dalam islam. Ketika kita dihadapkan pada suatu kondisi yang membuat emosi kita memuncak, membuat kita kesal, ingin marah. Kondisi dimana kita rasa, kita adalah orang yang diberikan masalah paling berat di dunia ini. Kondisi dimana kita merasa Allah tidak adil memberikan kita cobaan, ujian.

Disaat itu, kita sebenarnya sedang dilatih sabar. Allah sebenarnya ingin melihat seberapa sabar kita dan Allah ingin menjadikan kita orang yang mempunyai tingkat kesabaran lebih dibanding yang lain.

Tanpa kita sadari, setiap permasalahan yang kita hadapi mengharuskan kita untuk SABAR. Secara tidak langsung tingkat kesabaran seseorang itu dilatih dengan semakin banyaknya ia berada dalam kesulitan.

Tips yang paling tepat agar kita selalu bisa sabar dalam menghadapi setiap permasalahan, bahkan kondisi tersulit dalam hidup kita yaitu dengan mengingatNya, mengingat Allah. Kita harus ingat bahwa di dalam hadist pun dijelaskan "Innallaha ma'asshobiriin" yang artinya "Allah bersama orang-orang yang sabar".

Jika kita adalah orang yang mempunyai iman, tentunya kita bisa berpegang teguh pada pernyataan diatas. Bahwa Allah akan selalu bersama kita, jika kita bisa menjadi orang yang sabar. Dengan banyak mengingat Allah, InsyaAllah akan tertanam dalam diri kita rasa sabar. Karena sesungguhnya Allah juga tak akan memberi cobaan diluar batas kemampuan kita. Maka kita harus selalu sabar menghadapinya.

Intinya, tak ada batas dalam bersabar, hanya saja kita yang sering kali membatasi kesabaran itu. Padahal sebenarnya sabar itu tanpa batas. Walaupun mungkin kita terkadang lelah untuk terus bersabar, tapi disitu bukan berarti sabar kita sudah habis. Karena jika benar-benar "sabar" maka tak ada lagi kata "batas kesabaranku telah habis".

Segera ganti persepsi itu dengan kalimat ini "Semoga Aku bisa selalu menjadi sabar menghadapi segala kesulitan yang ada di kehidupan ini dan menjadikan kesulitan itu sebagai motivasi untuk bangkit menjadi lebih baik".

Itu sabar menurut versiku, bagaimana menurutmu? Yuk share komentar kaliann di kolom komentar :))

Komentar

  1. Bagus teh😚bisa jadi motivasi juga hehe❤😢

    BalasHapus
  2. Sebenarnya kondisi apa si yang bisa menggambarkan kalau kita bener-benet lagi SABAR?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi dimana kita dihadapkan oleh suatu masalah namun disitu kita tak bicara "saya sudah sabar" namun lebih ke tingkah laku yg menunjukan klo kita sdh sabar😊 bgtu kira2 beb hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISPA di Pertambangan

MAKALAH PENGELOLAAN AIR

BELAJAR PRAKTIS EPIDEMIOLOGI DAN SURVEI KESLING