TAKDIR

Masalah takdir, kita tak pernah tau apa yang akan terjadi hari ini dan besok. Semua hanya bisa kita rencanakan sebaik mungkin. Semua hanya bisa kita rangkai dan susun sedemikian rupa sesuai keinginan kita. Namun, tak bisa dielak lagi, kekuasaan Maha Tingg untuk Berkehendak ada pada ketetapan dan takdir Allah SWT.

Persoalan takdir, kita tak pernah tau hari ini kita akan bertemu siapa, kita akan menghadapi masalah apa dan kita akan bagaimana. Semua dirahasiakan dengan begitu rapih oleh Allah SWT. Ia mengatur segala skenario di dunia ini dengan begitu cantik, misterius, namun pasti itu adalah jalan terbaik.

Seperti takdir yang mempertemukan kita dengan seseorang, namun setelah pertemuan itu harus ada perpisahan. Atau seseorang yang sejak lama tak berjumpa, dan sekarang dipertemukan kembali tanpa diduga. Atau bahkan seseorang yang awalnya sama sekali tak saling mengenal hingga kemudian bisa merajut cinta ke pelaminan.

Ya, itulah takdir. Takdir setiap orang tentu berbeda, tak ada yang sama. Karena begitulah kehidupan, Allah membuatnya semenarik mungkin dan menyelipkan hikmah serta pelajaran terbaik disetiap berlalunya hari. Saat ini, hari ini adalah hari dimana kita belajar memaknai hidup. Kemarin adalah takdir yang sudah kita lewati dan besok masih menjadi rahasia.

Takdir mencintai dan dicintai. Takdir disatukan atau dipisahkan. Takdir menyakiti dan disakiti. Takdir dimudahkan atau dipersulit dan semua takdir lainnya, sesungguhnya sudah ada dalam catatan Allah untuk kita, termasuk perihal jodoh.

Ada yang bilang jodoh akan datang pada waktunya. Ada juga yang bilang jodoh harus dicari. Ada juga yang bilang jodoh cukup ditunggu dengan sabar. Ada juga yang berpendapat, doalah yang paling kuat untuk memudahkan jodoh.

Semua itu benar, namun disesuaikan dengan kondisi penerapannya. Tetapi juga kita kembali ke awal bahwasanya semua itu perkara takdir. Ada yang besok harusnya menikah, namun dipisahkan oleh maut. Ada yang baru menikah, namun dipisahkan oleh cerai. Tetapi sebaliknya, ada juga yang baru saling mengenal namun telah dimudahkan menuju pintu halal.

Ada yang baru kenal, namun begitu mudah mendapatkan lampu hijau ke pelaminan (mendapat restu). Ada yang sudh kenal lama, namun tak kunjung dipertemukan hatinya dalam kecocokan. Ada juga yang saling membenci, namun pada akhirnya cintanya begitu kuat.

Ya, begitulah takdir. Semua hanya bisa membayangkan, menyusun, merangkai dan merencanakan. Namun pada akhirnya, tetap saja Allah SWT yang berkuasa atas segalanya di dunia ini. Maka berbaik-baiklah kepada Allah, dekati Allah, maka Allah akan mendekatkan takdir yang baik-baik untukmu. InsyaAllah. Aammiinn.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISPA di Pertambangan

MAKALAH PENGELOLAAN AIR

BELAJAR PRAKTIS EPIDEMIOLOGI DAN SURVEI KESLING